Sejarah

Sejarah Singkat Madrasah

KBM Siswa Tahun 1980
a. Masa Perintisan Melalui berbagai perjuangan, ide dan, keinginan tentang berdirinya sebuah lembaga pendidikan Islam setingkat MA di Jember. Pada tahun 1967 terkabullah sebuah keinginan tersebut, dengan didirikan sebuah lembaga pendidikan Islam setingkat MA di Jember.

Gerbang Utama
Lembaga pendidikan ini pada mulanya diberi nama SPIAIN (Sekolah Persiapan Institut Agama Islam Negeri) Jember. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor : 17 Tahun 1978, tanggal 30 Maret 1978, SPIAIN Jember diubah namanya menjadi Madrasah Aliyah Agama Islam Negeri (MAAIN) hingga tahun 1981. Dalam pendirian SPIAIN tersebut, Tokoh Ulama Jember turut andil membidani kelahirannya, diantaranya K.H. Dhofir Salam dan KH. A. Muhith Muzadi sebagai Kepala Sekolah Pertama SPIAIN periode 1967-1971. Kemudian institusi MAAIN ini sejak tahun 1981 dikukuhkan menjadi Madrasah Aliyah Negeri Jember (MAN). Baru terhitung mulai tanggal 23 Agustus 2004 resmi berganti nama menjadi Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember ( MAN 1 Jember) berdasarkan Keputusan Menteri Agama nomor 168 tahun 2003, tanggal 24 Maret 2003. Pada awal berdirinya (SPIAN), proses KBM berlangsung di Kampus IAIN Sunan Ampel Cab. Jember, di kawasan pasar Johar, sekarang kawasan Mutiara Shopping Center. Searah dengan perkembangan dan pertumbuhan SPIAIN menjadi MAAIN yang terus melaju, pada tahun 1982 para perintis mampu membeli tanah dan mampu membangun sebuah gedung permanen di kawasan Kaliwates, kawasan Jalan Imam Bonjol 50 Jember, sebagaimana yang ada sekarang ini.

Siswa MAPK Tahun 1993
b. Masa Perkembangan Masa perkembangan dan pengembangan program merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan program sesuai dengan perkebangan kurikulum dan sesuai dengan kebutuhan yang berkembangan di masyarakat. Pada masa perkembangan dan pengembangan, MAN 1 Jember mengembangkan sejumlah program yang dikembangkan, yaitu MANPK, BIC, Program Keterampilan, Program Reguler, dan Bahasa.

 

Ket. Otomotif 1994
c. Program Keterampilan Program keterampilan merupakan program nasional yang dikembangkan di MAN 1 Jember. Pada tahun 1988/1989 berdasar Piagam Kerja Sama Departemen Agama dengan United Nation Development Program (UNDP) Nomor INS/85/036/A/01/13, tanggal 14 Desember 1987 Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember ditunjuk sebagai proyek percontohan (pilot project) lembaga pendidikan penyelenggara pendidikan program keterampilan, bersama dengan 2 MAN lainnya, yaitu MAN Kendal (Jateng) dan MAN Garut (Jabar). Program keterampilan yang diujicobakan adalah keterampilan otomotif, keterampilan elektronika, dan keterampilan tata busana

Kunjungan Negara Filipina, Menteri Agama dan Dr.Tarmudzi Thahir
               Selain keterampilan tersebut, kemudian MAN 1 Jember mengembangkan sejumlah program keterampilan swadaya, yaitu program keterampilan pertanian, program keterampilan bahasa, program computer, program keterampilan tata boga, dan program keterampilan  fotografi/videografi. Program keterampilan yang masih berkembangbang saat ini adalah keterapilan otomotif, keterampilan elektronika, keterampilan tata busana, keterampilan pertanian, dan keterampilan komputer. Harus diakui bahwa pengembangan program keterampilan ini membawa nama baik MAN 1 Jember di kancah pendidikan di tingkat nasional, bahkan regional. MAN 1 Jember banyak dikunjungi untuk studi banding, dari sejumlah lembaga pendidikan, baik madrasah maupun sekolah, baik dari Pulau Jawa maupun dari luar pulau Jawa, seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali.   Bahkan pernah pula dikunjungi Negara Filipina. Menteri Agama, Tarmudzi Thahir dan  utusan UNDP (dari Belanda) pernah mengunjungi MAN 1 Jember.

Periodisasi Kepala MAN 1 Jember

NO PRIODE NAMA KEPALA KETERANGAN
1 1967 – 1971 KH. A. Muhith Muzadi Almarhum
2 1972 – 1980 H. Rois Syamsudin, BA Almarhum
3 1980 – 1993 H. Akwan Ichsan Almarhum
4 1993 – 1995 Drs. H. Kuslan Haludi Almarhum
5 1995 – 2001 Drs. H. Dulhalim Purna Tugas
6 2001 – 2002 Drs. Hamdani Almarhum
7 2002 – 2009 Drs. Ek. Abdul Wahid Purna Tugas
8 2009 – 2015 Drs.H.M. Anwari Sy., M.A. Purna Tugas
9 2015 – 2016 Drs. H. Musthofa Pelaksana Tugas
10 2016 – Sekarang Drs. Anwaruddin, M.Si. Sekarang

 

Pengembangan Program dan Kualitas

MAN 1 JEMBER adalah sekolah menengah umum bercirikan Islam. Sejak tahun pelajaran 2017/2018 MAN 1 Jember mengembangkan Program Diversifikasi Program-Program Unggulan Madrasah dengan membuka beberapa program unggulan, yaitu:

  • Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MANPK)
  • Madrasah Program Akademik yang dikenal dengan nama Kelas BIC (Bina Insan Cendekia)
  • Madrasah Program Keterampilan
  • Madrasah Program Regular (Peminatan MIPA, IPS, dan Bahasa)
  • Madrasah Program Tahfidz

WhatsApp-Image-2019-04-30-at-10.23.11.jpeg

Terimakasih untuk warga MAN 1 Jember pada umumnya dan pada khususnya untuk seluruh dewan guru yang tak ada letihnya membekali ilmu, kepada teman-teman seperjuangan semoga kita selalu dalam lindungan Allah dan dipermudah segala urusan oleh Allah, kepada adik kelas semoga generasi kalian lebih baik dan senantiasa menjungjung tinggi nilai kejujuran.

Sedikit banyak kehidupan ku lalui dengan perantara MAN 1 Jember. Terimakasih untuk semua?

Nur laila Maghvira (XII IPA 1)
WhatsApp-Image-2019-04-30-at-07.20.44.jpeg

Kesan saya ke MAN 1  untuk guru-guru saya, semua guru tanpa terkecuali, yang selalu sabar telah mendidik kami semuanya, mungkin disamping kami ada rajinnya, kami juga banyak salahnya juga banyak memberi kekecewaan kepada bapak dan ibu guru, dan kami mintaaa maaaf sebesar-besarnya kepada panjenengan semuanya???, tetapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat bapak ibu guru untuk terus mendidik kami supaya menjadi anak yang sholeh sholehah, anak yang berbakti kepada orang tua, dan insyaallah menjadikan kami anak yang bisa bermanfaat kepada bangsa dan negara indonesia.

Alvin Wahyu Kurnia (XII IPS 2)
WhatsApp-Image-2019-04-30-at-18.10.14.jpeg

Selain rasa syukur yang tak terkira atas nikmat Allah SWT., saya juga berterima kasih kepada kedua orangtua saya karena telah memilih MAN 1 Jember untuk menjadi madrasah yang membimbing saya dalam melalui masa remaja yang penuh dengan tanjakan, jurang, gelombang, dan persimpangan kehidupan ini.
MAN 1 Jember mencetak anak-anak muda yang berwawasan luas, aktif, dan kritis dengan tetap mengedepankan Akhlakul Karimah.
Semoga MAN 1 Jember dapat terus menjalankan amanah untuk membangun manusia-manusia yang berkemanusiaan.

Muhammad Fadli Al Fauzi (XII BAHASA)
WhatsApp-Image-2019-04-30-at-10.31.51.jpeg

Suka dan Duka mungkin 2 kata yang paling tepat untuk mengisi kesan di MAN 1 JEMBER
Saat ini yang harus diutamakan adalah membangun generasi yang lebih baik

A. Dliyauddin (XII Agama 1)
Asmira-Dewi-Safitri.jpeg

Ucapan terimakasih saya sampaikan kepada seluruh pihak MAN 1 Jember, terkhusus bapak dan ibu guru pengajar , pendamping, penyemangat dan yang selalu mensupport apapun yang di lakukan siswanya dalam hal kebaikan. Tak hanya dalam akademik, kegiatan non akademikpun demikian.

MAN 1 Jember bukan hanya mendidik siswa nya supaya menjadi insan cendekia, namun dengan pendidikan Agama yang di ajarkan dan di amalkan, MAN 1 Jember mengantarkan kami untuk menjadi Insan Ulil Albab, penegak panji-panji Islam…

Asmira Dewi Safitri (Alumni 2018)
fernando.jpg

Religius dengan kekayaan intelektual yang luas, Tata krama dan etika yang santun. Tidak hanya mengajarkan model pendidikan monoton yaitu pemberian reward saat kita unggul dan mematok punishmen ketika kita gagal , namun Madrasah mampu mengajarkan bagaimana kita bangun dikala gagal dan meneruskan perjalanan.

Fernando Ilham (Alumni 2018)
Phone: 0331-485109
Fax: 0331-484651
MAN 1 Jember
JL. Imam Bonjol No. 50
Open Chat
Assalamu'alaikum, Butuh Bantuan?
Assalamu'alaikum, Selamat datang di MAN 1 Jember.
Apa yang bisa kami bantu?